Pages - Menu

Dapat uang melalui internet

Kamis, 09 September 2021

15 Pertanyaan Seputar Interview Kerja Dan Cara Menjawabnya Secara Tepat

Dimanapun kalian berada berjumpa lagi di balai kerja, satu-satunya blog yang membahas tentang informasi mengenai dunia kerja, edukasi dan juga motivasi. 

pada postingan kali ini saya akan memberikan 15 contoh pertanyaan interview yang paling sering diajukan. dan bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan benar


1 Perkenalkan Identitas Diri Anda 

Dalam memperkenalkan identitas diri kalian pastikan telah sesuai dengan info yang tertera pada surat lamaran kerja atau CV. Dan sebaiknya kalian juga menjelaskan biodata pribadi kalian seperti nama lengkap, nama panggilan, alamat tempat tinggal , pendidikan terakhir serta pengalaman kerja atau keterampilan yang kalian kuasai. 

contoh perkenalkan nama lengkap saya Ari Haikal biasa dipanggil dengan Ari. Saya lulusan sarjana Sains di Surabaya tahun 2018. Saat ini saya tinggal di kota Banjarmasin dan untuk pengalaman kerja saat ini saya adalah seorang pekerja keras , memiliki keahlian di bidang komputer,  komunikasi dan juga publik speaking. 


2. Seberapa Jauh Kalian Telah Mengenal Perusahaan Kami

Sebelum kalian melamar kerja. pastikan Kalian sudah mencari informasi sedetail mungkin mengenai perusahaan yang akan kalian lamar. Sehingga nantinya akan sangat mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut 

Contoh perusahaan ini dimana berdiri pada tahun 2010 dan bergerak di bidang jasa transportasi hingga saat ini sudah memiliki kurang lebih 100 cabang perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia 


3. Apa Motivasi Kalian Ingin Bekerja Di Perusahaan Kami?

Untuk menjawab pertanyaan ini saran dari saya  jangan terlalu menyebutkan tentang harapan gaji yang besar. ataupun sekedar karena ingin mencari pengalaman kerja , karena hal tersebut justru akan mempengaruhi pada penilaian kepribadian kalian sebagai tenaga ahli profesional. 


kalian bisa menjawab pertanyaannya seperti berikut : 

Saya ingin kali mengembangkan diri sebaik mungkin di perusahaan bapak. sekaligus ingin memberikan yang terbaik bagi perusahaan mengingat Saya juga memiliki dedikasi dan kemampuan yang bisa dikembangkan di perusahaan ini.


4. Sebutkan Apa Kelebihan Dan Kelemahan Anda ?

Pada poin pertanyaan ini kalian sampaikan bisa berupa tentang keahlian, hobby atau yang lainnya, akan tetapi pastikan pula kalian harus menjawab seputar kelemahan yang ada pada diri kalian, siapkan pula dengan solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut.

Contoh Saya handal dalam mengoperasikan Microsoft Office secara baik, mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki kepercayaan diri yang baik, akan tetapi saya juga memiliki kekurangan 

Di antaranya yakni saya kurang teliti dalam perhitungan yang terlalu banyak sehingga untuk mengatasi kendala tersebut saya selalu menggunakan kalkulator atau alat hitung, dan terakhir saya juga tidak memiliki kendaraan pribadi sehingga selalu menggunakan ojek online setiap kali berpergian.


5. Bagaimana Pendapat Anda Mengenai Lembur??

Pertanyaan ini karena terkadang bisa menjebak calon karyawan yang tidak terlalu paham akan dimana perusahaan sangat menginginkan karyawan yang bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu tanpa harus melakukan pengambilan lembur. 

Jadi Saran Jawaban terbaik saya adalah seperti ini, lembur merupakan tambahan jam kerja yang telah ditentukan oleh perusahaan ataupun karyawan itu sendiri namun dalam hal ini saya akan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu agar tidak makan penambahan jam kerja atau lembur. 

Saya tidak akan lembur yang dilakukan oleh atas keinginan karyawan apabila menyebabkan kerugian pada perusahaan kecuali  yang diambil atas dasar permintaan perusahaan maka saya akan mengikuti kebijakan tersebut untuk mematuhinya.


6. Berapa Jumlah Gaji Yang Anda Inginkan

Gaji karyawan itu sebenarnya sudah ditentukan oleh pihak perusahaan, namun untuk pertanyaan seperti ini sebenarnya HRD ingin melakukan interview untuk mengetahui berapa kisaran kebutuhan pokok bulanan kalian. sehingga nantinya pastikan untuk dapat menyebutkan nominal yang masuk akal dan sertakan pula alasannya 

contoh gaji sesuai kebutuhan saya untuk saat ini kisaran 3,5 juta perbulan sudah lebih dari cukup karena saya masih single dan apabila nominal yang saya Sebutkan tadi ternyata memberatkan perusahaan maka saya akan mengikuti kebijakan dari perusahaan.


7 Prestasi Apa Yang Sudah Anda Raih Selama Ini

Ceritakan prestasi yang menurut kalian memiliki nilai jual lebih agar perusahaan mengetahui bahwa kalian merupakan pribadi yang mampu berkembang. akan tetapi jika memang ternyata tidak ada prestasi yang tidak bisa kan ceritakan maka cukup kalian jawab dengan menggunakan belum ada dan jangan sesekali mengatakan tidak ada karena kata belum dan tidak memiliki arti yang sangat berbeda. 

Contoh Prestasi yang sudah saya raih saat ini diantaranya adalah Saya pernah menjuarai olimpiade sains di bidang matematika tingkat nasional akan tetapi untuk Prestasi Kerja saat ini Saya belum memiliki


8 Apa Yang Anda Ketahui Mengenai Bidang Pekerjaan Yang Anda Lamar

Cari semua informasi seputar perusahaan sebelum memutuskan untuk melamar kerja. Ada baiknya juga kalau mengetahui secara garis besar tentang spesifikasi pekerjaan atas suatu bidang yang kalian pilih sehingga nantinya akan mempermudah kalian dalam menjawab pertanyaan tersebut. 

Contoh: saya memahami secara garis besar tentang bidang pekerjaan yang saya pilih atau saya lamar diantaranya memberikan pelayanan terbaik kepada customer membantu sesama dalam membuka dan menutup rekening serta pengecekan saldo dan lain sebagainya.


9 Pernahkah Anda Terlibat Konflik Dengan Pekerjaan Atau Perusahaan Lain Sebelumnya?

upayakan untuk menjawab jujur jika memang memiliki konflik dengan instansi lain atau di tempat kerja sebelumnya akan tetapi di dalam menjawab pertanyaan ini pastikan kalian tidak menjatuhkan atau merendahkan perusahaan lain tersebut 

Contoh: dulu saya pernah melakukan kesalahan yang sangat fatal pada saat saya bekerja di mana ada  selisih kurang dalam menghitung uang nasabah dan akhirnya harus bertanggung jawab mengganti kerugian tersebut, dan dari pengalaman tersebut saya jadikan sebagai pembelajaran untuk terus berhati-hati dalam bekerja dan selalu teliti


10. Bersedia Anda Apabila Kami Melakukan Penahanan Ijazah Untuk Jaminan Selama Anda Bekerja Bersama Kami.

Menanggapi pertanyaan berikut ada peraturan perusahaan yang memang menerapkan untuk penahanan ijazah sehingga sudah seharusnya sebagai karyawan baru kita dapat mengikuti peraturan tersebut akan tetapi apabila kalian merasa ragu untuk memberikan ijazah maka sebaiknya konfirmasi kembali ke pihak perusahaan mengenai tujuan dari penahanan ijazah tersebut .

Serta apakah perusahaan menyediakan berita serah terima ijazah. karena apabila perusahaan menyediakan berita acara serah terima ijazah Maka ada kekuatan di mata hukum yang apabila suatu saat terjadi kesalahpahaman atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi maka kalian bisa menuntut hak ijazah tersebut untuk dikembalikan.


11 Lebih Mana Yang Kalian Pilih Antara Uang Atau Jabatan

Pertanyaan tersebut merupakan jebakan dari seorang HRD untuk mengetahui seberapa konsistennya jawaban kalian dengan karir anda. Saran saya fokuslah pada jawaban yang dapat mempengaruhi masa depan karir kalian ke depannya 

contoh saya akan memilih jabatan Alasannya karena saya ingin terus berkembang di perusahaan ini dan saya sangat yakin sekali bahwa perusahaan sebesar ini penghasilan saya akan mempengaruhi pada peningkatan jabatan yang akan saya peroleh nanti 


12 Jika Anda Diterima Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Bisa Memulai Bekerja Bersama Kami

Jangan sampai kalian terlihat terburu-buru atau tergesa-gesa sehingga perusahaan mempertimbangkan kembali terhadap kalian dikarenakan kalian dinilai sebagai karyawan yang mungkin berani bertindak tanpa memiliki persiapan sehingga 

Saran saya untuk Jawaban terbaiknya dapat kalian jawab seperti saya kira 3 hari setelah pertemuan ini saya sudah sangat Siap Pak Untuk mulai bergabung di perusahaan Bapak Karena saya mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tidak mengecewakan perusahaan, akan tetapi jika dalam waktu dekat perusahaan meminta saya untuk bergabung maka saya akan berusaha mengikuti ketentuan dari putusan perusahaan.


13 Apakah Bersedia Ditempatkan Di Luar Daerah Atau Kota

sobat balai kerja Jawablah pertanyaan ini dengan jujur dan Berikan pula alasannya. Namun apabila di informasi lowongan pekerjaan yang diinfokan oleh pihak perusahaan sudah mencantumkan persyaratan bahwa harus siap ditempatkan di luar kota maka sebaiknya pertimbangkan kembali untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut apabila memang tidak berencana untuk ditempatkan di luar daerah atau kota

Contoh saya sudah siap untuk ditempatkan di beberapa daerah atau di luar kota mengingat saat ini saya belum menikah sehingga memiliki waktu yang banyak untuk dapat mengembangkan karir sebaik mungkin atau untuk saat ini saya belum bersedia Pak dikarenakan saya anak satu-satunya di keluarga saya sehingga selain bekerja Saya juga harus menjaga kedua orang tua saya jadi saya berkeberatan apabila harus ditempatkan diluar kota.


14 Apakah Ada Rencana Menikah 1 Tahun Kedepan Atau Rencana Menambah Momongan Mungkin Dalam Waktu Dekat Ini

Membahas pernikahan pada saat interview merupakan salah satu cara perusahaan mengetahui rencana kedepan kalian dalam berkarir di perusahaan tersebut jadi pastikan kalian menjawab dengan pelan waktu yang sudah kalian persiapkan sebelumnya saya ada rencana menikah tapi tidak dalam waktu dekat ini Mungkin sekitar 2 tahun kedepan karena saat ini saya ingin fokus menata karir saya kedepan


15 Sebelum Kami Akhiri Pertemuan Interview Ini Apakah Ada Pertanyaan Lain

Sebuah momen yang seharusnya kalian bisa manfaatkan sebaik mungkin untuk mengetahui lebih jauh tentang perusahaan. Selain itu Kalian juga bisa mempromosikan diri kalian sebaik mungkin agar dapat lebih meyakinkan kepada pihak perusahaan bahwa kalian adalah orang yang tepat untuk bisa bergabung di perusahaan tersebut 

Contoh ya Ada Pak saya ingin bertanya setelah proses interview ini selesai kira-kira Kapan waktu yang bisa saya ikuti lagi untuk proses berikutnya Pak dan satu lagi Sebagai bahan pertimbangan kembali nih buat bapak saya ingin menginformasikan bahwa saya adalah salah satu kandidat yang memiliki dedikasi tinggi terhadap tugas dan tanggung jawab serta memiliki kemampuan untuk berkembang dan juga turut mampu mengembangkan perusahaan Bapak kedepannya


Itulah tadi 15 daftar pertanyaan interview lengkap dengan cara menjawabnya demikian informasi kali ini semoga bisa memberikan manfaat dan juga semangat baru buat sobat setikar Akhir kata saya renalis pamit undur sampai jumpa di informasi menarik lainnya.


Tidak ada komentar: