Pages - Menu

Dapat uang melalui internet

Minggu, 02 Februari 2014

Background Pendidikan Bukan Masalah di Dunia Kerja

karir, kerja, infokerja
Saat ini di Indonesia, latar belakang suatu pendidikan sangat berpotensi menunjang untuk dapat memasuki dunia kerja. Dan Hal tersebut masih digunakan untuk menjadi tolak ukur dari perusahaan untuk memilih setiap orang yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.



Di pihak yang lain, sering kali latar belakang pendidikan yang rendah menjadi permasalahan. Biasanya perusahaan hanya mau menerima karyawan dari lulusan jurusan tertentu dan mempunyai title Sarjana, Diploma, dan sebagainya. Sehingga hal ini dapat memperkecil peluang bagi yang hanya lulus sebatas Sekolah Menengah Atas (SMA). Padahal bila dilihat dari segi kemampuan belum tentu lulusan universitas lebih baik dari mereka yang lulus sebatas SMA.

Dari tahun ke tahun, pengangguran di Indonesia jumlahnya semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena tidak seimbangnya antara jumlah lulusan dari universitas yang semakin tinggi setiap tahunnya sedangkan lapangan kerja yang belum memadai. Permasalahan lain juga membuat para lulusan ini tidak siap memasuki dunia kerja adalah karena mental yang 'kecil' dan tidak adanya pembekalan seperti dari universitas. Solusinya seharusnya lembaga sekolah sering mengadakan seminar yang ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada calon wisudawan agar nantinya mereka siap untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin ketat.

Jangan jadikan background pendidikan sebagai hal yang bisa membuat kita "down". Ingatlah bahwa di luar sana masih ada banyak pengusaha yang sukses dengan latar pendidikan pendidikannya hanya sampai jenjang SD. Di sini bukan background pendidikan yang membuat berhasil, tapi karena dia mempunyai kemampuan / skill yang tidak dimiliki orang lain, faktor lainnya dia juga mempunyai pengalaman dan wawasan yang luas sehingga ia bisa meraih sebuah keberhasilan.

Menurut dari kesimpulan di atas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap sukses tanpa memperhatikan latar belakang pendidikan yang tinggi diantaranya adalah:

Jangan Mudah Menyerah
Sekali terbersit fikiran untuk menyerah, sampai kapanpun kita akan selalu gagal. Tanamkan pada diri kita untuk selalu semangat dan pantang menyerah yang tinggi, sehingga ketika jatuh dan gagal, kita akan memiliki sebuah motivasi untuk bisa bangkit kembali.

Selalu Take Action 
Sebuah pemikiran tidak akan berubah menjadi kesuksesan tanpa diiringi dengan tindakan. Percaya saja bahwa kesuksesan tidak akan menghampiri orang yang malas.

Rendah Hati
Jadilah orang yang selalu rendah hati, jangan pernah merasa hebat di depan orang lain, karena itu bisa menjadi bumerang untuk diri sendiri.

Jadi, sebenarnya seseorang yang mempunyai background pendidikan yang tinggi, belum tentu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan, tapi kemampuanlah yang sangat dibutuhkan. Jika kita melihat beberapa negara maju seperti; Singapore, Japan, Korea. Di sana latar belakang pendidikan bukan menjadi Tolak Ukur seseorang untuk bisa bersaing dalam dunia kerja, tapi kemampuan lah yang sangat di butuhkan.

1 komentar:

bisnis tahun 2014 mengatakan...

saya sangat setuju dengan anda